Ket Fhoto : Anggota DPRK Aceh Tamiang photo bersama usai Sidang Paripurna Istimewa dalam rangka Hari Jadi ke 20 Kabupaten Aceh Tamiang, Jum'at (8/04/2022).

DPRK Atam Gelar Sidang Paripurna Istimewa, Sambut Hari Jadi Ke 20 Kabupaten Aceh Tamiang Tahun 2022 

ACEH TAMIANG (NAD), suaralira.com -- Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Tamiang menggelar sidang Paripurna Istimewa dalam rangka menyambut perayaan hari jadi atau Ulang Tahun ke 20 Kabupaten Aceh Tamiang.
 
Ketua DPRK Supriyanto ST terlihat memimpin langsung sidang tersebut. Sementara beberapa wakil ketua tampak ikut mendampingi diantaranya, Wakil Ketua I DPRK Fadlon ST dan Wakil Ketua II Muhammad Nur, berlangsung di ruang sidang DPRK setempat, Jalan Ir H Juanda Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang, Jum'at (8/04/2022).
 
Mengawali sidang, Ketua DPRK Aceh Tamiang Supriyanto ST mengatakan, sesuai agenda, hari ini adalah Rapat Paripurna Istimewa Tentang Hari Jadi Kabupaten Aceh Tamiang Ke-20 Tahun 2002-2022, dengan  Tema, “Bersatu Untuk Tamiang Lebih Sejahtera.
 
Kemudian lanjutnya, sesuai laporan dari  Sekretaris DPRK Aceh Tamiang, Rulina Rita ST MT S, dalam sidang Paripurna Istimewa hadir 16 (enam belas) orang Anggota DPRK ikut menghadiri dalam Rapat Istimewa terkait hari jadi Kabupaten Aceh Tamiang Ke-20.
 
"Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, Rapat Paripurna Istimewa tentang Hari Jadi Kabupaten Aceh Tamiang Ke-20, sah dibuka dan terbuka untuk umum,” kata Ketua DPRK Supriyanto membuka sidang sambil mengetuk palu pertanda sidang dibuka.
 
Selanjutnya terlihat Politisi dari Partai Gerindra tersebut mempersilahkan Bupati Aceh Tamiang untuk menyampaikan pidato sambutan, dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Aceh Tamiang Ke-20 dimana saat itu terlihat diwakili Wakil Bupati Tengku Insyafuddin ST.
 
Pertama-tama marilah sama-sama kita memanjatkan puji m syukur kehadirat ALLah SWT atas segala limpahan rahmat dan Karunia-Nya yang dalam kondisi berpuasa di Bulan Suci Ramadhan ini, kita dapat menghadiri sidang paripurna istimewa DPRK Aceh Tamiang, dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Aceh Tamiang Ke-20 Tahun 2022, dalam keadaan sehat wal afiat dan penuh kebahagiaan.
 
"Semoga Allah SWT menghitung pekerjaan kita sebagai ibadah yang diridhainya. Dan membawa kemanfaatan serta keberkahan, insya Allah, Aamin", kata Wakil Bupati Aceh, Tengku Insyafuddin mengawali pidato sambutannya. 
 
Alhamdulillah, lanjut Wakil Bupati, usia Kabupaten Aceh Tamiang pada tanggal 10 April 2020, genap memasuki usia 20 Tahun. Usia yang menjadi ujung dekade kedua dan menjadi awal dekade ketiga kabupaten kita tercinta ini.
 
Jika mengacu pada perkembangan psikologis, sebagian ahli menyebutkan, bahwa pada dasarnya setiap 10 tahun, manusia akan dihadapkan pada momen-momen penting dalam hidupnya, "ujar Tengku Insyafuddin. 
 
Dan Lanjutnya lagi, Kabupaten Aceh Tamiang pada 10 April nanti akan menjalani fase ini, hingga 10 tahun ke depan. Secara umum dalam fase tersebut, kita akan menghadapi banyak perubahan dan mesti melakukan penyesuaian-penyesuaian untuk menyikapinya, "ujarnya. 
 
Pada kesempatan ini, kata Tengku Insyafuddin, saya selaku Wakil Bupati Aceh Tamiang HT Insyafuddin ST mengajak seluruh yang hadir untuk mengilas balik, mengenang upaya perjuangan para pendiri dalam mengusulkan pembentukan Kabupaten Aceh Tamiang.
 
Kemudian Wakil Bupati Aceh Tamiang terlihat menjelaskan, tentang perjuangan untuk berdiri sebagai sebuah Kabupaten telah digalakkan sejak tahun 1957. 
 
Terlebih lagi, lanjut Wabup, usulan tersebut mendapat dorongan dan semangat yang lebih kuat dengan keluarnya TAP MPRS Hasil Sidang Umum ke-IV Tahun 1966 tentang pemberian otonomi yang seluas-luasnya.
 
Kemudian lanjutnya, akibat dinamika dan situasi politik pada saat itu, maka perjuangan sempat terhenti. Dan setelah beberapa waktu berselang, semangat perjuangan itu  muncul kembali, yang pada akhirnya beranjak dari keinginan menuju daerah otonom yang lebih mandiri sehingga beberapa tokoh masyarakat Tamiang mengajukan pemekaran kepada Pemerintah Pusat. 
 
Dan pada akhirnya, lanjut Tengku Insyafuddin, setelah melalui proses yang panjang pada tanggal 10 April 2002, lahirlah Kabupaten Aceh Tamiang melalui Undang - Undang Nomor 4 Tahun 2002, tentang Pembentukan Kabupaten Aceh barat Daya, Kabupaten Gayo Lues, Kabupaten Aceh Jaya, Kabupaten Nagan Raya dan Kabupaten Aceh Tamiang di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, paparnya dalam sidang Paripurna Istimewa tersebut. 
 
Dalam sidang paripurna istimewa dalam rangka perayaan HUT ke 20 tersebut, Wabup Aceh Tamiang Tengku Insyafuddin, sempat memaparkan terkait dengan Pandemi Covid-19 yang melanda Aceh Tamiang.
 
Dalam penjelasannya, Wabup memaparkan bahwa, lebih dua (2) tahun masyarakat Aceh Tamiang telah menyesuaikan diri dan beradaptasi dengan pandemi Covid-19.
 
Dampak pandemi virus Covid-19 mengancam jiwa-jiwa penduduk kita, menguras sumber dan kantong-kantong keuangan kita, serta memaksa kita untuk menyesuaikan diri hidup sesuai kebiasaan normal baru.
 
Dilansir dari Satgas Penanganan Covid-19, lanjutnya, per tanggal 7 April 2022, kita sudah berada pada status Nol (Zero) Kasus.  Walaupun  sebanyak 1.916 orang warga yang terjangkit namun berhasil sembuh, dan sebanyak 157 orang yang terinfeksi meninggal dunia,” ungkapnya. 
 
Dalam kesempatan itu, Wabup Tengku Insyafuddin sempat menyampaikan tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Aceh Tamiang 2017-2022. Dan implementasi dari visi dan misi pembangunan yang telah ditetapkan sebelumnya dalam RPJMD yaitu “Aceh Tamiang yang Mandiri dan Berdaya Saing Menuju Masyarakat yang Islami dan Sejahtera.”
 
Wakil Bupati Aceh Tamiang, HT Insyafuddin ST ikut memaparkan misi RPJMD Kabupaten Aceh Tamiang 2017-2022, secara lengkap diantaranya,
 
Aceh Tamiang yang Mandiri dan Berdaya Saing Menuju Masyarakat yang Islami dan Sejahtera.
 
Sementara terkait diantaranya Meningkatkan Kualitas Pengamalan Syariat Islam dengan Upaya-upaya Keteladanan dan Pengembangan Budaya Islami. 
 
Memantapkan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik, Melayani, Berkualitas dan Berbasis Teknologi Komunikasi dan Informatika. 
 
Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi dengan Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan dan Optimalisasi Pemanfaatan Potensi Unggulan Daerah.
 
Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat, Selain itu, meningkatkan Pembangunan Infrastruktur Prasarana dan Sarana Layanan Dasar serta Pembangunan Lingkungan Berkelanjutan dan Mitigasi Bencana.
 
Di akhir pemaparannya terlihat ditayangkan melalui layar lebar Video Kilas balik, selayang pandang Hari Jadi Kabupaten Aceh Tamiang Ke-20 tahun 2022. Kemudian dilanjutkan dengan foto bersama seluruh peserta sidang Paripurna istimewa yang hadir.
 
Sidang Paripurna Istimewa ini turut dihadiri unsur Forkopimda diantaranya Dandim 0117/AcehTamiang Letkol Czi Alfian Rachmad Purnamasidi SIP MSi, Kapolres Aceh Tamiang AKBP Imam Asfali SIK, Danramil 02/Karang baru Kapten Inf M Lumban Raja, Kapolsek Karang Baru IPTU Suripto.
 
Selain itu hadir Ketua Majelis Adat Aceh (MAA) Kabupaten Aceh Tamiang Drs Abdul Muin, Ketua Majelis Pimpinan Ulama (MPU) Kabupaten Aceh Tamiang Syafrizal MA.
 
Selanjutnya dalam sidang Paripurna Istimewa tersebut ikut dihadir Sekwan beserta Kepala Bagian (Kabag) Umum Sekretariat DPRK Aceh Tamiang Rahimuddin SH, Kepala Bagian (Kabag) Persidangan Sekertariat DPRK Aceh Tamiang Eko Prasetyo SIP MAP, Para Kepala Dinas, Para Camat dalam jajaran pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang, LSM, Insan Pers.
 
Sementara tamu undangan lainnya yang ikut hadir diantaranya, Wakil Wali kota Langsa Marzuki Hamid, Wakil Bupati Aceh Timur Syahrul. (tarmizi puteh/ sl)